Sabtu, 13 November 2010

0 cara membuat frame berbasis GUI pada java

Date: Sabtu, 13 November 2010 22.10
Category:
Author: Soni Sebastian
Share:
Responds: 0 Comment


abdi akan menjelaskan sedikit cara membuat Frame berbasis GUI pada java secara singkat nh, kalo ada salah2 di benerin aja di komen ya, maklum abdi belum mahir Java biar kita sama2 belajar, oke deh langsung cekidot aja dari listing pertama yang di atas tuh tuh. Dalam listing-nya, terdapat 4 package, yaitu awt, event.ActionEvent, event.ActionListener, dan javax.swing. pada class swingFrame yang mendapat pewarisan dari JFrame kita menentukan tinggi dan lebar, tapi disini kita memasukkan statement private, artinya pengukuran ini bersifat privasi dan tidak dapat di baca oleh kelas lain. Kemudian kita membuat judul dengan setTitle, ukuran dengan setSize, penempatan lokasi dengan setLocation. Lalu kita masukkan objek swingPanel dan Container dan kita isi sesuai yang kita inginkan.  Kemudian kita akan membuat tombol, kita membuatnya di kelas swingPanel yang juga pewarisan dariJPanel yang sudah terdapat pada Java. Pembuatan tombol ini juga dideklarasikan secara private agar tidak dapat dibaca oleh kelas lain. Dalam objek ini terdapat button sebagai tombol dan JTextField sebagai inputan untuk memasukkan data.



Pada listing kedua ini, setLayout berfungsi untuk menentukan jarak antara JTextField dengan JButton. Kemudian dalam tombol proses kita masukkan fungsi untuk menjadikan sebuah tombol aksi dan menjadi sebuah hasil pada saat kita menekan tombol tersebut. Dalam rumusnya dinyatakan bahwa jika x=1 maka kembali ke 1, tetapi jika tidak maka kembali ke x dan dikalikan x-1.  Selanjutnya masuk ke kelas fungsi Action yang berupa pengimplementasian dari ActionListener dan dilanjtkan method actionPerformed dan akan memanggil objek – objek sebelumnya. Pada koding kelas ini adalah pemprosesan inputan menjadi sebuah hasil dimana data yang kita masukkan akan diolah sesuai rumus yang telah terdeklarasi di kelas sebelumnya. Sedangkan funsi catch ini adalah penangkapan kesalahan yang dimulai pada perintah try di bawah method pada kelas tersebut. Kemudian lanjut ke kelas Swing dimana ini adalah kelas utama dan terdapat pula method utamanya. Objek swingFrame yang terdapat di bawah method utama ini akan memanggil seluruh objek yang telah terdeklarasi dari sub kelas pertama sampai sub kelas terakhir.  Pada frame.setVisible saya member nilai true agar objek dapat berjalan, jika kita beri nilai false maka pada saat running objek tidak akan terpanggil dan frame yang kita buat tidak akan keluar.

dan berikut adalah output dari listing diatas :



Artikel Terkait :



Posting Komentar